Senin, 07 Agustus 2023

 

KEBAKARAN HUTAN



Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla adalah suatu peristiwa terbakarnya hutan dan/atau lahan, baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbukan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik.

        Berdasarkan pola penyebaran dan tipe bahan bakar, kebakaran hutan dan lahan dapat digolongkan ke dalam tiga tipe, yaitu: kebakaran bawah (ground fire), kebakaran permukaan (surface fire), dan kebakaran tajuk (crown fire).

        Tersebarnya asap dan emisi gas Karbondioksida dan gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim. Kebakaran hutan mengakibatkan hutan menjadi gundul, sehingga tidak mampu lagi menampung cadangan air di saat musim hujan, hal ini dapat menyebabkan tanah longsor ataupun banjir.



        Penyebab terjadinya kebakaran hutan secara alami sebagai contohnya adalah adanya kilat yang menyambar pohon atau bangunan, letusan gunung api yang menebarkan bongkahan bara api, dan gesekan antara ranting tumbuhan kering yang mengandung minyak karena goyangan angin yang menimbulkan panas atau percikan api.

        Kebakaran hutan  telah terjadi di RPH Bungkal,Kecamatan Bungkal,Kabupaten Ponorogo  pada hari Sabtu  tanggal 29 Juli 2023 jam 17. di petak 129 B dan 130 G.

Dipetak 130 G

Luas baku : 26,4 Ha

Kelas Hutan : TKL

Jenis Tanaman : Eucalyptus Alba

Tahun tanaman : 1998

Waktu kejadian

Hari          : Sabtu

Tanggal   : 29 Juli 2032

Pukul       : 17.15 WIB

Taksiran Kerugian : Rp 600.000

- Petak.     : 129 B

- Luas Baku : 11,0 Ha

- Kelas Hutan : TKL

- Jenis Tanaman : Eucalyptus Alba

- Tahun Tanam : 2007

- RPH.  : Bungkal

- BKPH : Ponorogo Timur

2. Waktu Kejadian:

- Hari.       : Sabtu

- Tanggal : 29 Juli 2023

-  Pukul.   : 21.30 WIB

Tasiran kerugian  : Rp.300.000,-

Kronologi kebakaran hutan

Kebakaran hutan bisa disebabkan oleh dua faktor utama yaitu faktor manusia dan faktor alami. Faktor alami misalnya pengaruh El-Nino yang menyebabkan kemarau panjang sehingga tanaman menjadi kering dan mudah terbakar.

selain faktor cuaca, kebakaran hutan juga disebabkan oleh pembakaran hutan oleh peladang. BANTU KAMPANYE PENYELAMATAN HUTAN INDONESIA agar hutan kita tetap lestari. Membiarkan api yang tidak terawasi, seperti misalnya puntung rokok yang dibuang sembarangan atau api unggun yang ditinggalkan saat masih menyala.

 


DAMPAK KEBAKARAN HUTAN

Kebakaran hutan yang tak terkendali dapat menyebabkan hilangnya habitat makhluk hidup. Kebakaran hutan dapat menghanguskan vegetasi dan berbagai tempat bersarang hewan, membuat hewan dan tumbuhan kehilangan habitatnya.

DAMPAK POSITIF KEBAKARAN HUTAN

Dampak positif kebakaran hutan ialah: Menyuburkan lahan. Jika kebakaran terjadi di tanah gambut, dapat mengurangi atau menurunkan keasaman. Membunuh penyakit tanaman dan membersihkan fondasi tanah dari tanaman pengganggu

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar