Rabu, 04 September 2024

KUNJUNGAN KERJA KCDK WILAYAH PACITAN DI KTH ARGO MUNGGU LESTARI

 KUNJUNGAN KERJA KCDK WILAYAH PACITAN DI KTH ARGO MUNGGU LESTARI

KTH Argo Munggu Lestari mengembangkan kegiatan pembangunan kehutanan dengan prinsip hutan lestari masyarakat sejahtera. 

Selain mengembangkan hutan rakyat dengan tanaman jati,mahoni,gamelina . Kegiatan rehabilitasi kanan kiri jalan melalui penanaman pohon, gerakan penghijauan pada lahan tidur/kosong, sumber air, dan larangan menembak satwa.

Disamping pengembangkan hutan rakyat juga melakukan Penanaman tanaman produktif  mangga,jambu mete,alpukat dan kunyit dibawah tegakan.

Arahan dair Bapak KCDK Wilayah Pacitan

1.    Peran serta Masyarakat dalam pengelolaan hutan dibutuhkan penyuluhan,pendampingan  dan pembinaan yang berkelanjutan.

2.    Pembinaan KTH yang dilaksanakan secara berkesinambungan diarahkan pada upaya peningkatan kemampuna kelompok dalam melaksanakan fungsinya sehingga mampu mengembangkan usaha agribisnis dan menjadi organisasi petani yang produktif, mandiri,  sejahtera dan berkelanjutan.

3.    Kelompok tani hutan sebagai media pembelajaran masyarakat, meningkatkan kapasitas SDM, pemecahan permasalahan, kerja sama dan gotong royong, pengembangan usaha produktif, pengolahan dan pemasaran hasil hutan serta peningkatan kepedulian terhadap kelestarian hutan. 


Pembinaan KTH dapat dilakukan oleh penyuluh kehutanan, atau instansi pembina KTH  yang meliputi aspek kelola kelembagaan,kelola kawasan,kelola usaha dengan melihat prioritas kegiatan sesuai dengan kebutuhan KTH.
Bentuk pemberdayaan KTH melalui kegiatan –kegiatan sejauh ini sudah diupayakan dengan memberikan beragam fasilitas  dari pemerintah .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar