Kamis, 03 Oktober 2019

JENIS DAN MANFAAT BAMBU


JENIS DAN MANFAAT BAMBU

Saat ini Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup terus menggalakan dan mengembangkan lima jenis  Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK),salah satunya adalah bambu. Karena memiliki prospek yang sangat menjanjikan  serta terbatasnya hasil  kayu saat ini,bambu merupakan alternative  pengganti kayu yang paling ideal saat ini sebagai bahan bangunan maupun mebel.

Kebutuhan akan kayu untuk perumahan dan mebel semakin meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk di Indonesia. Ditambah dengan illegal loging yang telah menyebabkan kerusakan hutan di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. 

Beberapa keunggulan bambu:
1.Mudah ditanam dan tidak memerlukan pemeliharaan khusus.
2.Untuk melakukan budidaya bambu tidak perlu investasi yan besar.
Secara fisik memiliki kelebihan yaitu serat panjang dan rapat, lentur tidak mudah patah,kecepatan pertumbuhan vegetative bambu dalam 24 jam berkisar 30-120 cm/24 jam.

Jenis-jenis Bambu
Di Indonesia terdapat lebih kurang 125 jenis bambu.Ada yang masih tumbuh liar dan belum jelas kegunaanya. Beberapa jenis bambu yang mempunyai manfaat dan nilai ekonomis tinggi seperti :bambu apus,bambu ater,bambu andong,bambu betung,bambu kuning,bambu hitam,bambu talang,bambu jepang,bambu pagar, dll
Manfaat dan kegunaan Tanaman Bambu
  



Bambu merupakan tanaman rakyat dan banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari,baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk perdagangan. Tanaman bambu sangat cocok untuk reboisasi wilayah hutan terbuka/ gundul akibat penebangan,karena pertumbuhan bambu sangat cepat serta memiliki kemampuan sumber tangkapan air sangat efektif.


1.Akar
Akar bambu,sebagai penahan erosi guna mencegah banjir,juga dapat menangani limbah beracun dengan cara menyaring melalui akar serabut. Selain itu akar bambu bermanfaat sebagi sumber penyedia air.

2. Batang
Batang bambu yang masih bulat dapat dimanfaatkan  untuk keperluan seperti dinding,atap,lantai,kursi,tempat tidur,biting,tusuk sate,sangkar burung dll
Batang bambu muda maupun tua dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Bambu dalam bentuk serat dapat dimanfaatkan untuk industry pulp dan kertas.


3. Daun
Daun bambu,masyarakat tradisional digunakan sebagai pembungkus,missal makanan kecil seperti wajik.Daun bambu juga merupakan obat tradisional untuk mengobati demam/panas anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar